August 11, 2014

Pentingnya PPSMB UGM! :)



Berada di peralihan status sosial dari pelajar atau siswa biasa menjadi seorang mahasiswa tentu bukanlah hal yang sembarangan. Sebagai salah satu mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM), kami difasilitasi dengan PPSMB atau Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru yang disosialisasikan dengan sebutan PALAPA . PPSMB ini diselenggarakan setingkat fakultas dan bersifat wajib diikuti seluruh mahasiswa baru UGM.

PPSMB ini mulai diselenggarakan setiap tahun sejak 2008. Kegiatan ini tentu menjadi penting bagi Gamada (Gadjah Mada Muda) untuk bisa mengetahui serta mengenal tentang kehidupan akademik mahasiswa, sejarah dan visi misi Universitas Gadjah Mada, mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, serta berpengetahuan yang luas dan menambah pengalaman yang baru di UGM.
Selain itu, PPSMB juga memiliki pengaruh untuk mahasiswa baru agar Gamada memiliki karakter yang baik, kepedulian dan toleransi di kehidupan kampus, rasa nasionalisme dan semangat belajar yang tinggi untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan berprestasi di UGM.


PPSMB secara luas tidak hanya penting dalam pengaruh akademik, melainkan juga memberi dampak positif dalam aspek sosial. Melalui PPSMB, kita dapat mengenal sesama mahasiswa baru dari berbagai jurusan, beragam asal daerah dan kebudayaan, juga mengenal bermacam-macam karakter individu. Kita juga diajar dan dilatih untuk dapat bertoleransi dengan keberagaman budaya dan latar belakang.




Dari kegiatan PPSMB ini, kita juga dapat melatih kepribadian diri menjadi mahasiswa yang berkualitas, manusiawi, bermartabat, memiliki nilai dan jati diri kerakyatan, sehingga dimasa mendatang kita mampu berkomunikasi dengan baik dan bersaing dalam rentang nasional maupun internasional.

Sebagai bagian dari PPSMB PALAPA, fakultas teknik juga mengambil peran dengan menyelenggarakan PPSMB tingkat fakultas, yakni PRISMA. PPSMB FT / Prisma ini bersifat wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru jurusan Teknik Universitas Gadjah Mada. Dengan adanya Prisma, kita dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai Teknik dan tuntunan/bimbingan untuk menentukan masa depan kita kemudian. Dengan kata lain, kita dapat menjadi mahasiswa Teknik UGM yang memiliki kualitas dan berguna dalam banyak hal.

Selain itu, pembekalan Gamada Teknik dengan kegiatan soft skills yang mencakup living skills, learning skills dan leadership skills. Kegiatan ini membantu kita beradaptasi dan mengontrol individu kita sendiri untuk lebih adaptif, tanggap terhadap perubahan, bertanggung jawab, serta berjiwa mandiri dan berjiwa wirausaha.
Sekian yang dapat saya sampaikan tentang seberapa Pentingnya kita mengikuti PPSMB Universitas Gadjah Mada. Lebih dan kurangnya mohon dimaklumkan. Terimakasih, Tuhan memberkati. J

Posted by :
Kanadya Di Livia
Unit #38 - Teknik Kimia
Gamada 2014.
-k.dv

No comments:

Post a Comment